Kita Adalah Pembuat Karma kita sendiri mewarisi karma kita sendiri dah terlahir oleh karma kita sendiri......

Minggu, 23 Desember 2012

Sejarah Singkat Berdirinya Kelenteng “Boen Tek Bio”


Kelenteng Boen Tek Bio yang berlokasi di Jalan Bhakti No.14, Pasar Lama, Kota Tangerang berdiri pada tahun 1684. Pertama didirikan adalah dengan menggunakan bahan yang sangat sederhana yaitu bambu dan atap rumbia. Pembangunan kelenteng ini dipelopori oleh para kongsi dagang masyarakat tionghoa di perkampungan “petak sembilan” yang kini bernama kampung kali pasir yang berada di bagian timur sungai cisadane yang membelah kota tangerang.
Kelenteng ini kemudian diberi nama Boen (Intelektual), Tek (Kebajikan), Bio (Tempat Ibadah). Jadi nama Boen Tek Bio berarti Suatu Tenpat bagi Umat Manusia untuk menjadi Insan yang penuh Kebajikan dan Intelektual.
Sejak dari didirikannya, Kelenteng ini kemudian dirombak pada tahun 1775 dan merupakan bentuk awal dari bangunan yang sekarang berdiri. Kemudian sempat mengalami renovasi dan beberapa kali perombakan sampai terakhir pada tahun 1904.
Pada tahun 1844, saat mengalami renovasi, sejumlah “kimsin” atau Patung Dewa yang terdapat di Kelenteng Boen Tek Bio ini dipindahkan sementara ke Kelenteng Boen San Bio yang berlokasi di daerah pasar baru, Kota Tangerang. Setelah proses renovasi selesai proses kembalinya “kimsin” atau Patung Dewa ini ke Kelenteng Boen Tek Bio inilah yang kemudian diperingati sebagai prosesi ritual “Gotong Toapekong”.
Sementara versi sejarah lainnya menyebutkan bahwa prosesi ritual “Gotong Toapekong” ini pertama kali di adakan pada tahun 1856.
Terlepas dari perbedaan mengenai tahun pertama kali diadakannya ritual “Gotong Toapekong” ini, kini seiring dengan perkembangan jaman dan kebudayaan. Acara ritual ini telah berpadu dan berbaur menjadi pesta budaya nasional  yang mendapat dukungan resmi dari pemerintah kota Tangerang.
Pada Masa Orde Baru, Prosesi Ritual ini pernah dilarang dan semua kebudayaan yang berbau tionghoa seperti barongsay dan tarian naga sempat vakum. Setelah Reformasi bergulir, prosesi ini diadakan kembali dan sudah berskala nasional yaitu pada tahun 2000 yang lalu. Penyelenggaraan prosesi pada tahun 2012 ini adalah yang ke-14 sejak pertama kali di adakan dan yang ke-2 sejak era reformasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar