Kita Adalah Pembuat Karma kita sendiri mewarisi karma kita sendiri dah terlahir oleh karma kita sendiri......

Selasa, 15 November 2011

Menambahkan widget

Widget adalah suatu fasilitas standar dengan banyak manfaat untuk dapat kita pergunakan dalam membuat situs/ blog. Kegunaan dan fungsi widget sangatlah bervariasi, bergantung dari keinginan kita untuk menampilkan fungsi-fungsi dari widget itu sendiri. pasang widget, menambahkan widget

Biasanya kita dalam membuat situs/ blog, selain ingin menampilkan hasil tulisan kita, menginginkan tampilan halaman website terlihat meriah, sekaligus enak untuk di lihat oleh pengunjungnya. Widget inilah, maka kita bisa melakukan itu semua  sesuai keinginan. Tapi tidak setiap theme/ tema memiliki widget yang sama, jadi masing-masing memiliki fasilitas yang berbeda baik jumlah dan fungsinya, dan ini pun tergantung dari plugin yang kita aktifasi dalam website tersebut.
Untuk mengetahui widget apa saja tersedia, pertama yang harus anda lakukan adalah pilih >Tampilan atau Desain pilih >Widget, pada panel admin anda.
Bila Anda perhatikan, pada panel sebelah kiri, terdapat tulisan Widget yang Tersedia, sedangkan pada panel sebelah kanan ada tulisan Widget Saat ini.
Tulisan Widget Tersedia, adalah beberapa widget yang sudah disiapkan yang dapat kita pergunakan sewaktu-waktu sesuai keinginan kita.
Adapun Widget Saat ini, adalah widget yang sudah dipergunakan oleh kita pada situs/blog terpasang.
Kita tidak akan membahas cara memasang widget tersebut. Disini hanya dijelaskan tentang fungsi-fungsi widget standar yang tersedia di pressku.
Widget Teks.
Adalah tempat untuk membuat teks atau tulisan yang ingin kita tampilkan pada menu sidebar pada situs/blog kita. Teks yang bisa kita masukan pada widget ini adalah teks dengan format biasa, atau kita langsung tuliskan pada kolom widget teks ini dan juga dapat mengandung kode HTML
Widget Kalender
Adalah widget standar yang akan menampilkan penanggalan atau kalender pada bulan berjalan. Tidak hanya itu, fungsi dari widget ini selain menampilkan tanggal, juga akan memberikan informasi tanggal berapa saja kita telah melakukan posting pada situs/blog kita.
Widget Halaman
Berfungsi untuk membuat halaman baru pada menu sidebar di situs/blog kita.
Widget Arsip
Adalah widget yang dapat dipergunakan untuk mencantumkan arsip tulisan kita pada sidebar, sehingga nanti bila pengunjung melihat maka bisa mengetahui posting apa saja yang telah dibuat oleh kita.
Ada beberapa cara, seperti bisa dengan tampilan hanya nama file saja, atau bisa juga dengan arsip yang ditampilkan setiap bulannya. Kalo anda sudah punya banyak postingan yang anda buat, widget ini bisa sangat bermanfaat, karena selain bisa di lihat oleh pengunjung, juga bisa dilihat oleh kita sendiri bila ingin melihat lagi hasil tulisan yang sudah pernah kita buat.
Widget Taut
Ini merupakan widget yang kita buat untuk memasukan daftar link yang ingin kita tampilkan pada situs/blog kita. Jadi bila anda punya daftar link dengan beberapa orang, teman atau sahabat anda, bisa anda masukan disini dalam bentuk daftar link.
Widget Meta
Ini juga merupakan widget standar, yang dipergunakan untuk memasukan beberapa link yang terkait dengan pengaturan/ dan login akun situs/ blog.
Widget RSS
Adalah widget yang disediakan untuk kita berlangganan RSS dari web lain. Untuk memasangnya, pada kolom widget RSS ini anda masukan link url RSS yang ingin anda pasang.
Widget Komentar
Merupakan widget yang disediakan untuk menampilkan siapa saja yang sudah memberikan komentar pada situs/blog kita yang diurutkan dari komentar terakhir.
Nah, itu sekilas tentang widget standar yang tersedia, beberapa widget lainnya bergantung dari plugin dan theme yang kita gunakan.
Selamat mencoba mudah-mudahan berhasil. Yang jelas ada menu sidebar atau tidak, lengkap atau hanya sebagian saja, tetap terus nge-blog jangan pernah berhenti sampai disini, bahkan kalo bisa anda

silahkan klik satu persatu untuk mendapatkan informasi dan cara pemasanganya dari beberapa widget di bawah ini:

Widget Alexa
Like box Facebook
Widget Feedjit
Flag Counter
Widget Share On
Networked's Blog On Facebook
Widget Speedtest.net
Twetter Update

Untuk temen2 yang ingin memberi tambahan informasi atau reques silahkan koment di pawah postingan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar